Kamis, 12 Desember 2013

Pentingnya (Usaha Dan Doa)

BAB III
Usaha dan Doa

A.Makna Usaha dan Doa
Tahukah kamu, usaha dan doa merupakan jalan menuju kesuksesan? Doa adalah harapan dan cita- 
cita. Dengan berdoa, kamu dapat meminta kepada Tuhan agar dimudahkan dalam mencapai cita-
cita. Doa merupakan target hidup yang ingin dicapai oleh seseorang. Cita-cita tidak mungkin dapat dicapai oleh seseorang hanya dengan berdoa. Akan tetapi, diperlukan usaha keras dan kesungguhan untuk mencapai kesuksesan. Oleh karena itu, jadikan usaha dan doa sebagai jalan untuk menempuh kesuksesanmu.

B.Usaha
Kesuksesan dapat diraih apabila kamu rajin ber¬usaha. Berusahalah dengan sungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita yang kamu mimpikan. Sikap malas menjadi penghambat seseorang dalam meraih kesuksesan. Perlu kamu ketahui, setiap usaha yang dilakukan dengan rajin, pasti akan membuahkan hasil.Tahukah kamu, anak yang rajin tidak hanya belajar jika ada guru. Anak yang rajin akan selalu belajar, membaca, dan diskusi, walaupun tidak ada guru.

Selain itu, kesuksesan dalam belajar dapat kamu raih dengan beberapa faktor yang mendukung. 
Berikut faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan dalam belajar.

1.Lingkungan yang mendukung
Peran orangtua dan guru sangat penting dalam mencapai cita-citamu. Merekalah yang membimbing dan mendukungmu belajar di rumah dan di sekolah. Selain itu, kamu harus pandai bergaul dengan teman. Pilihlah teman yang baik. Teman yang baik akan mendukung kamu dalam meraih cita-cita.

2.Sarana belajar
Sukses belajar salah satunya didukung dengan sarana yang lengkap, seperti buku, tempat, alat, dan media pembelajaran. Dengan sarana belajar yang mendukung, belajar akan lebih mudah dan menyenangkan.
Buku-buku yang berkualitas turut mendukung kesuksesanmu dalam belajar. Begitu pula koneksi internet, akan memudahkanmu untuk mendapatkan banyak informasi yang bermanfaat.

3.Cara belajar
Belajar adalah proses yang memerlukan waktu panjang dan tidak bisa dilakukan dengan seketika. Belajar tidak dapat dilakukan sekaligus. Jadi, sebaiknya kamu belajar sedikit demi sedikit. Hal itu dilakukanagarilmuyangkamupelajarimelekatdalam pikiranmu dan kamu pun mudah mengingatnya. Cara belajar yang lain adalah dengan membaca cepat atau speed reading. Dengan teknik ini, kamu diajarkan untuk membaca secara cepat. Dalam waktu yang singkat, kamu akan mengetahui isi buku yang dipelajari secara keseluruhan.

C.Doa
Doa adalah ibadah. Setiap usaha yang kamu lakukan sebaiknya disertai dengan doa. Berdoalah kamu kepada Tuhan agar segala usaha yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan dapat terwujud. Tahu¬kan kamu, orang sukses selalu berdoa setelah berusaha?
Perlu kamu ketahui bahwaTuhanYang Mahakuasa akan menilai segala usaha dan doamu. Yakinlah bahwa hasil usaha yang terakhir, itulah yang terbaik untukmu. Oleh karena itu, tetaplah semangat untuk mencapai sukses diri.Berdoa merupakan suatu ibadah. Dalam ber¬ibadah terdapat syarat dan adab yang harus kamu 
lakukan. Berikut adab-adab dalam berdoa.

1.Merendahkan diri dan suara
Tahukah kamu bahwa Tuhan Maha Melihat dan Mendengar segala doa makhluk-Nya? Bahkan, Tuhan pun mendengar bisikan suara batin manusia. Oleh karena itu, merendahkan diri dan suara pada saat berdoa sangat disukai Tuhan.

2.Berdoa dengan bhusyub
Berdoalah kamu dengan khusyuk. Jika kamu berdoa dengan khusyuk, kemungkinan besar doa yang kamu panjatkan akan terkabul. Perlu kamu ketahui juga, kekhusyukan bukan hanya dilakukan pada saat berdoa. Kekhusyukan juga diperlukan ketika kamu melakukan berbagai ibadah yang lain. 

3.Bersungguh-sungguh dan penuh harapan
Bersungguh-sungguhlah dalam mencapai cita-cita. Selain itu, harus disertai dengan harapan yang tinggi akan meraihnya. Oleh karena itu, bersungguh- sungguhlah dan penuh harapanlah dalam berdoa. Doamu kamu terkabul.

4.Memohon ampun kepada Tuhan
Tahukah kamu, kesucian jiwa akan memengaruhi terkabulnya suatu doa? Oleh karena itu, sebelum berdoa, sebaiknya kamu memohon ampun terlebih dahulu kepadaTuhan.


5.Memuji Tuhan pada awal dan akhir doa
Tahukah kamu, sebaik-baik doa adalah doa yang diawali dan diakhiri dengan memuji Tuhan? 
Tuhan sangat mencintai hamba-Nya yang suka berdoa dan banyak memujinya. Tuhan Maha Agung. Keagungan-Nya membuat Dia layakdipuji. Memuji dan memohon pertolongan- Nya menjadi salah satu bukti kecintaan kita kepada- Nya. Memuji Tuhan di awal dan akhir doa akan menentukan terkabulnya sebuah doa yang kamu panjatkan.

0 komentar:

Posting Komentar