Senin, 09 Desember 2013

Tips Supaya Percaya Diri (Mengubah Pola Pikir)

BAB II
Mengubah Pola Pikir

A. Percaya Diri
Kesuksesan adalah hak semua orang. Kesuksesan dapat diraih salah satunya dengan rasa percaya diri. Oleh karena itu, raihlah kesuksesan dengan memiliki rasa percaya diri. Tahukah kamu, orang sukses memiliki rasa percaya diri yang tinggi?
    Percaya diri merupakan salah satu faktor yang dapat membedakan antara orang yang sukses dan gagal. Oleh karena itu, para ahli memberikan pendapatnya tentang cara-cara membangkitkan rasa percaya diri. Berikut salah satu cara membangun rasa percaya diri.

1. Yakin pada kemampuan diri
    Setiap orang terlahir istimewa. Kita semua memiliki keistimewaan yang berbeda. Keistimewaan itu berupa perbedaan potensi atau bakatyang membuat tiap orang menjadi unik.
    Kamu tidak usah minder jika kemampuan matematikamu pas-pasan. Mungkin bakat luar biasamu dalam bidang lain, seperti seni atau olahraga. Bukankah lebih baikjadi seniman atau olahragawan hebat daripada jadi matematikawan biasa?
    Tahukah kamu, orang yang percaya diri yakin ter-hadap kemampuan yang dimilikinya? Kemampuan yang dimiliki adalah anugerah dari Tuhan. Kamu tidak boleh malu dengan bakat yang dimiliki. Jika rajin mengasah kemampuanmu, pasti kamu juga akan menjadi orang yang hebat.

    Sebenarnya, banyak orang yang gagal karena minder atau kurang percaya diri. Mereka selalu berpikiran bahwa dirinya bodoh dan tidak mampu. Pikiran seperti itu harus dihilangkan karena akan memengaruhi semangatmu. Dengan demikian, kamu harus yakin pada kemampuan dirimu.

Percaya diri bukan berarti sombong. Orang percaya diri yakin bahwa dirinya memiliki keunikan dan bakat. Sementara orang sombong menganggap dirinya lebih tinggi dari orang lain.

2. Bertanggung jawab
Berani bertanggung jawab adalah salah satu ciri orang sukses. Orang yang bertanggung jawab mampu melaksanakan pekerjaannya dengan baik. Anakyang bertanggungjawab selalu menepati janji, mematuhi peraturan yang berlaku, dan disiplin.
    Nah, belajarlah bertanggung jawab dari hal- hal yang paling kecil. Misalnya, memelihara buku perpustakaan dan mengembalikannya tepat waktu.

3. Menggali potensi diri
Setiap manusia memiliki potensi diri. Akan tetapi, terkadang manusia tidak menyadarinya. Orang sukses mampu menggali potensi diriyang dimilikinya. Oleh karena itu, segeralah kamu menggali potensi diri. Misalnya, dengan bertanya kepada orangtua atau teman terdekatmu.
    Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat mengetahui potensi yang dimiliki. Misalnya, pandai menulis puisi dan membacakannya di depan umum. Bukankah hal itu merupakan potensi diriyang sangat menakjubkan? Jadi, segeralah gali potensi dirimu.

4. Berpikiran positif
Tahukah kamu, berpikiran positif dapat membangun rasa percaya diri dengan cepat? Orang sukses selalu berpikirpositif. Merekatidakpernah berpikirtentang hal-hal yang dapat menghilangkan rasa percaya dirinya. Mulailah kamu berpikir positif pada diri sendiri. Misalnya berkata, "Saya mampu!"



    Dengan berkata seperti itu, kamu akan terus merasa semangat dan terdorong untuk melakukan berbagai hal yang positif. Misalnya, kamu melihat orang yang pandai berpidato. Kamu pun kagum kepadanya. Nah, sekarang katakan kepada dirimu bahwa kamu "mampu".


5. Berani mengambil risiko
Berani mengambil risiko merupakan sikap terpuji daripada menyerah pada rasa takut. Mengapa demikian?Orang sukses berani menerimatantangan dan belajar mengambil risiko.
    Dengan melakukan hal tersebut, kamu akan mendapat banyak peluang yang tidak ternilai harganya. Namun, kamu harus ingat. Kamu pun harus siap menerima hasil yang tidak sesuai dengan harapanmu.
    Misalnya, kamu menerima tantangan menjadi peserta lomba cerdas cermat Matematika tingkat kecamatan. Apabila berhasil, kamu berpeluang untuk mengikuti olimpiade Matematika tingkat internasional. Asyik bukan?

6. Tidak putus asa
Tahukah kamu, orang sukses tidak pernah putus asa? Putus asa merupakan perilaku negatif dan berbahaya. Sikap putus asa dapat menghambat kesuksesan seseorang. Apabila kamu mengalami kegagalan, janganlah berputus asa. Yakinlah bahwa di balik kegagalan akan ada kesuksesan.
    Tidak ada kerugian bagimu untuk mencoba sesuatu yang baik. Sebaliknya, keberanian untuk mencoba menjadikan kamu mendapatkan penga¬laman yang baik. Bukankah pengalaman itu me¬rupakan guru yang terbaik?
    Perlu kamu ketahui, orang gagal adalah mereka yang tidak pernah berani mencoba. Jangan sampai kamu merasa malu, cemas, dan gelisah karena mengalami kegagalan. Jadikan semua itu sebagai tantangan bagimu.
    Jangan menyia-nyiakan waktu dan energimu untuk rasa malu, cemas, dan gelisah karena kegagal¬an. Alangkah baiknya kamu menghadapi kenyataan itu dengan sikap percaya diri dan optimis. Oleh karena itu, janganlah kamu berputus asa. Jangan sampai kegagalan melunturkan rasa percaya dirimu.



B. Kemauan
Setiap orang pasti ingin berubah dari yang buruk menjadi baik, dan dari gagal menjadi sukses. Memiliki kemauan untuk mengubah diri adalah salah satu ciri orang sukses. Oleh karena itu, ubahlah dirimu dengan diawali dorongan dan kemauan dalam hati.
    Niat yang kuat dalam hati untuk mengubah diri dengan sungguh-sungguh, akan mendorongmu men¬jadi orang sukses. Namun, perlu kamu ketahui bahwa niat kesungguhan mengubah diri ini harus didasari dengan kejujuran. Dengan kejujuran, kamu pun akan selalu terdorong semangatnya untuk melakukan perubahan diri.

    Berikut kemauan yang harus kamu miliki untuk mengubah diri menjadi orang sukses.

1. Memiliki cita-cita yang tinggi
Setiaporang harus mempunyai kemauanyangtinggi untuk mencapai cita-cita yang diinginkan. Begitu pun kamu. Tanpa tekad dan keinginan yang tinggi, kamu akan sulit mencapai cita-cita.
    Bagaimana cergas mencapai cita-cita yang kamu impikan? Tentu kamu harus yakin dan terus berusaha. Dengan cita-cita yang tinggi, kamu akan selalu tertantang untuk berusaha mencapainya.





    Orang yang memiliki cita-cita yang tinggi, tidak akan gentar menghadapi berbagai tantangan. Baginya, usaha menghadapi tantangan adalah jalan yang terbaik. Oleh karena itu, kamu jangan merasa kecewa apabila mengalami kegagalan dalam meraih cita-cita. Kegagalan adalah sukses yang tertunda.

2. Memiliki pengetahuan yang luas
Tahukah kamu, jalan meraih kesuksesan adalah ilmu? Ilmu atau pengetahuan merupakan salah satu bekal untuk meraih sukses. Dengan ilmu yang luas, seseorang dengan mudah dapat menumbuhkan potensi diri.

    Ilmu tidak datang dengan sendirinya, akan tetapi, ilmu harus dicari. Gerbang meraih ilmu adalah dengan banyak membaca. Orang-orang sukses memiliki ke¬biasaan rajin membaca. Dengan rajin membaca, kamu menjadi tahu tentang banyak hal.

    Misalnya, kamu ingin menjadi penulis sukses dan terkenal. Kamu pun berpikir, bagaimana cara¬nya menjadi penulis terkenal. Nah, tentu kamu harus memiliki pengetahuan tentang menulis dan mencintai ilmunya, yaitu dengan belajar tata cara menulis dan Bahasa Indonesia yang baik.
    Apabila ingin menjadi orang sukses, kamu harus memiliki pengetahuan yang luasdan mencintai ilmu. Jadikan belajar sebagai program harianmu. Belajar tidak mengenal waktu dan tempat. Belajar dengan sungguh-sungguh sama dengan merancang dirimu untuk meraih sukses yang gemilang.






3. Praktik meraih besubsesan
Setelah memiliki cita-cita yang tinggi dan penge¬tahuan yang luas, langkah selanjutnya adalah praktik untuk meraih kesuksesan. Kesuksesan tidak datang begitu saja. Menjadi sukses harus direncanakan, di¬latih, dan diraih.
    Tahukah kamu, salah satu kunci sukses adalah mampu mempraktikkanilmudalam kehidupan secara nyata? Misalnya, kamu ingin menjadi pedagang yang sukses, kemudian, kamu mencari ilmu tentang sukses berdagang. Ilmu sukses berdagang itu tidak akan menjadikan kamu orang sukses dan kaya jika tidak dipraktikkan.
    Kesuksesan tidak akan diraih hanya dengan rajin berhayal dan bermimpi. Sampai kapan pun, kamu tidak akan menjadi sukses dengan hanya berkhayal. Kamu harus mampu mewujudkannya dengan segala usaha dan potensimu. Mulailah mempraktikkan langkah menuju sukses. Dengan demikian, kesuksesan yang sesungguhnya dapat segera kamu raih.

Refensi : cerdas  dan cergas merancang sukses diri / muhammad habibie
tiga serangkai, desember 2009

0 komentar:

Posting Komentar